Definisi Etika Komputer yaitu seperangkat nilai atau norma yang mengatur manusia dalam penggunaan komputer serta proses pengolahan data.
Etika Sistem Informasi
Etika dalam SI dibahas pertama kali
oleh Richard Mason (1986), yang mencakup:
- Privasi menyangkut hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang memang tidak diberi izin untuk melakukannya
- Manajer pemasaran mengamati e-mail bawahannya
- Penjualan data akademis
- Akurasi terhadap informasi merupakan faktor yang harus dipenuhi oleh sebuah sistem informasi . Ketidak akurasian informasi dapat menimbulkan hal yang menggangu, merugikan, dan bahkan membahayakan.
- Properti perlindungan terhadap hak PROPERTI yang sedang digalakkan saat ini yaitu yang dikenal dengan sebutan HAKI (hak atas kekayaan intelektual) biasa diatur melalui hak cipta (copyright), paten, dan rahasia perdagangan (trade secret)
- Hak Cipta pada Lagu atau Video
Hak cipta adalah hak yang dijamin oleh kekuatan hukum yang
melarang penduplikasian kekayaan intelektual tanpa seizing
pemegangnya . Hak seperti ini mudah untuk didapatkan dan
diberikan kepada pemegangnya selama masa hidup
penciptanya plus 70 tahun.
- Hak Paten pada penemuan inovativ yang sangat berguna
Hak paten merupakan bentuk perlindungan terhadap kekayaan
Intelektual yang paling sulit didapatkan karena hanya akan
diberikan pada penemuan-penemuan inovatif dan sangat
berguna.
Hukum paten memberikan perlindungan selama 20 tahun
- Akses informasi memiliki nilai, dimana setiap kali kita akan mengaksesnya harus melakukan account atau izin pada pihak yang memiliki informasi tersebut.
di Internet yang harus bayar untuk dapat mengaksesnya.
Ancaman pada Keamanan
sistem informasi
- Bencana alam dan politik
- Kesalahan manusia
(salah memberi label pada pita magnetik)
- Kegagalan perangkat lunak dan perangkat keras
- Kecurangan dan kejahatan komputer
Pengaksesan oleh orang yang tidak berhak .
- Program yang jahat/usil
Pentingnya Etika Computer
- Logical Malleability (Kelenturan Logika)
- Transformation Factor (Faktor Transformasi)
Contoh : e-mail
- Invisiblity Factor (Fator tidak kasat mata)
Kejahatan Komputer
Kejahatan dalam computer yaitu kegiatan
penggunaan komputer untuk melakukan tindakan ilegal .
Contoh :
- Mencuri waktu pada komputer perusahaa
- Membobol situs web pemerintah
Contoh :
- Mencuri waktu pada komputer perusahaa
- Membobol situs web pemerintah
- Pencurian informasi kartu kredit
- Hacker orang yang mengakses komputer
yang tidak berhak, tetapi tidak melakukan
perusakan
- Cracker orang yang membobol sistem komputer untuk tujuan perusakan
Jenis jenis kejahatan
computer
- Data diddling: manipulasi atau pemalsuan data
- Salami slicing: bagian program yang memotong sebagian kecil dari nilai transaksi yang besar dan mengumpulkan-nya dalam suatu periode tertentu
- Phreaking: making free long distance calls
- Cloning: penyalahgunaan telpon selular menggunakan scanner
- Carding: pencurian nomor kartu kredit secara online
- Piggybacking: pencurian nomor kartu kredit dengan memata-matai
- Social engineering: menipu pegawai untuk mendapatkan akses
- Dumpster diving: pencarian informasi pribadi di bak sampah
- Spoofing: pencurian password melalui pemalsuan halaman login
Keamanan Komputer
Keamanan
Komputer yaitu tindakan pencegahan yang
diambil untuk menjaga
komputer dan informasi yang ada di dalamnya tetap aman dari
pengaksesan yang tidak
berhak .
Pengamanan yang disarankan:
Pengamanan yang disarankan:
- Terapkan rencana pengamanan untuk mencegah pembobolan
- Miliki rencana jika pembobolan terjadi
- Buatlah backup
- Hanya ijinkan akses untuk pegawai tertentu
- Ubah password secara teratur
- Jagalah informasi yang tersimpan dengan aman
- Gunakan software antivirus
- Gunakan biometrik untuk mengakses sumberdaya komputasi
- Rekrut tenaga kerja / pegawai yang bisa dipercaya
Keamanan Internet
yaitu tindakan pencegahan yang diambil untuk menjaga Jaringan
Internet dan
informasi yang ada di dalamnya tetap
aman dari pengaksesan yang tidak
berhak maupun virus.
Pengamanan yang disarankan:
- Firewall
- Anti Virus
0 comments: