Wednesday, July 24, 2013

E - Commerce

By Unknown   Posted at  9:08 AM   Sistem Informasi No comments



DEFINISI E-COMMERCE

E-commerce merupakan prosedur berdagang atau mekanisme jual-beli di internet dimana pembeli dan penjual dipertemukan di dunia maya. E-commerce juga dapat didefinisikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“.


Jenis-jenis E-commerce

         1. Business-to-Consumers (B2C)
       Penjual adalah suatu organisasidan pembeli adalah individu .

         2. Consumer-to-Business (C2B)
       Konsumen memberitahukan barang atau layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya
       organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang atau layanan tersebut
       kepada konsumen.
   3. Consumer-to-consumer (C2C)
       Penjualan barang atau layanan antara individu.

         4. Government-to-Citizens (G2C)
       Pemerintah menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi Ecommerce
       Pemerintah juga dapat melakukan bisnis dengan pemerintah lain (Government-to-
       Government / G2G) demikian juga dengan organisasi lain
       (Government-to-Business / G2B).


Karakteristik E-Commerce
  • Terjadinya transaksi antara dua belah pihak (pembeli dan penjual)
  • Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi
  • Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan ini
Perlunya Penggunaan E-commerce


E-Commerce merupakan peluang bagi para pengusaha khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk menembus pasar global yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing ekonomi nasional.


Keuntungan E-commerce

  1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
  2. Dapat meningkatkan market exposure.
  3. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
  4. Melebarkan jangkauan (global reach).
  5. Meningkatkan customer loyality.
  6. Meningkatkan supplier management.
  7. Memperpendek waktu produksi.
  8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).


Kelemahan E-commerce

  1. Kurangnya peraturan pemerintah dan standar industri nasional maupun internasional
  2. Orang belum percaya terhadap transaksi tanpa tatap muka secara langsung
  3. Persepsi bahwa e-commerce mahal dan tidak aman
  4. Pembajakan kartu kredit
  5. Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan
Permasalahan Etis dalam E-commerce

Privasi (Privacy)
Permasalahan timbul ketika seseorang dapat mengetahui informasi pribadi orang lain tanpa izin.

Web Tracking
Dengan menggunakan intelligent agent, dapat dilakukan penelusuran terhadap aktivitas individu di internet. Program seperti cookies juga dapat digunakan untuk mengetahui aktivitas pengguna internet.

Disintermediation 
Disintermediation adalah proses menghilangkan perantara dalam melakukan transaksi. Sehingga, pelanggan dapat langsung melakukan transaksi dengan supplier.





About the Author

Terima kasih telah berkunjung diblog saya, semoga semua postingan saya bermanfaat untuk para pengunjung.


Silahkan berkomentar baik kritik maupun saran di tempat yang telah disediakan, apabila ada pertanyaan untuk di ajukan dapat menghubungi saya pada menu Contact.

0 comments:

Back to top ↑
Connect with Us

© 2015 Technologi | Web Design | Games - iZero.Blogspot.com. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.